Visi Misi Komisi Etik FIKES


Visi
Menjadi komisi etik yang diakui di tingkat Regional dan Nasional dengan berpedoman pada aturan etik Nasional.

Misi
Menghasilkan penelitian-penelitian yang berbasis moral dan perlindungan hak asasi manusia. Menghasilkan penelitian-penelitian yang melindungi kepentingan subjek penelitian.

Tugas Dan Fungsi
Sebagai sebuah Komisi Etik yang bergerak dalam bidang Penelitian Kesehatan memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai berikut :
  1. Melakukan kajian aspek etik protokol penelitian kesehatan yang mengikutsertakan manusia dan/atau menggunakan hewan percobaan sebagai subyek penelitian, yang diajukan melalui komisi etik penelitian kesehatan UNRIYO.
  2. Memberikan persetujuan etik (ethical clearance) terhadap protokol penelitian
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan penelitian yang telah memperoleh persetujuan etik dari komisi etik penelitian UNRIYO.
  4. Mengusulkan pemberhentian pelaksanaan penelitian kesehatan terhadap penelitian yang menyimpang/tidak sesuai protokol yang telah diberikan persetujuan etik.
  5. Mengajukan kajian ulang protokol penelitian kesehatan dari institusi/lembaga penelitian lainnya yang bersengketa dengan peneliti.
  6. Membuat laporan kegiatan Komisi Etik penelitian kesehatan kepada Dekan Fikes UNRIYO.
  7. Untuk kelancaran tugasnya, komisi etik penelitian kesehatan didukung oleh sekretariat terdiri dari: Ketua, Sekretaris, dan Anggota serta staf Administrasi.


Halaman Lain